Akhirnya qu berhasil juga menamatkan S2 pada Program Studi Kajian Timur Tengah dan Islam - Universitas Indonesia, dengan kekhususan Ekonomi dan Keuangan Syariah serta spesialisasi Perbankan Syariah. Alhamdulillah, praise be to Allah...!
Qu lulus dengan tesis : Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Inovasi Produk Perbankan Syariah di Indonesia. Tanggal kelulusan 18 Juli 2011, dan akan wisuda 17 September mendatang, wow...
So, terima kasih tak terhingga pada my lovely husband, my children, my parents...segenap civitas akademika PSTTI-UI, teman-teman Angkatan 17 pagi yag luar biasa...I gonna miss u all.... Special thanks to Prof Reny (ketua Sidang), Prof. Lily (Pembimbing), Hardius Usman MSi (Penguji) dan Ranti Wiliasih MSi (Reader).
ABSTRAK
Nama : Henni Indriati
Program Studi : Timur Tengah dan Islam
Judul : Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Inovasi Produk Perbankan Syariah di Indonesia
Pertumbuhan industri perbankan syariah di Indonesia sangat tinggi, mencapai lebih dari 30% per tahunnya. Namun market sharenya masih saja sangat kecil yaitu hanya sebesar 3,2 %. Oleh karena itu upaya untuk terus meningkatkan pertumbuhan bank syariah terus dilakukan. Salah satunya dengan mendorong bank syariah melakukan inovasi produk. Inovasi produk ini diharapkan akan menjadi salah satu strategi untuk terus meningkatkan pertumbuhan aset bank syariah yang pada akhirnya akan membantu memperbesar market share perbankan syariah di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Inovasi produk perbankan syariah di Indonesia, berdasarkan kerangka teoritis dan penelitian sebelumnya. Survei dilakukan terhadap 31 bank umum syariah dan unit usaha syariah di seluruh Indonesia dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode analisis faktor dan Analisis Jalur dengan program AMOS versi 6.0.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa faktor yang dapat mempengaruhi inovasi produk perbankan syariah di Indonesia adalah sumber daya manusia, budaya perusahaan, strategi perusahaan, struktur perusahaan dan faktor eksternal (fatwa DSN, regulasi BI, pertumbuhan pasar dan tingkat persaingan).
Kata Kunci : Sumber Daya Manusia, Budaya Perusahaan, Strategi Perusahaan, Struktur Perusahaan, Faktor Eksternal, Inovasi Produk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar